Fungsi Dan Cara Kerja odometer Pada Mobil

Fungsi Dan Cara Kerja odometer Pada Mobil

Semua orang dapat melihat dasbor di dasbor mobil ketika mereka ingin menggunakannya. Karena pada dashboard akan ada banyak bagian penting berupa indikator yang menunjukkan kondisi mobil yang akan kita gunakan.

Secara umum, dashboard sendiri diposisikan di belakang kemudi atau di tengah dashboard untuk berbagai jenis mobil yang ada di pasaran saat ini. Pada panel kontrol, setidaknya ada beberapa jenis tanda yang perlu Anda kuasai.

Atau dalam arti bahwa Anda benar-benar memahami masing-masing tanda-tanda ini. Karena kami percaya bahwa beberapa pengguna mobil mungkin tidak tahu arti dan makna dasbor. Ngomong-ngomong, mungkin referensi ke makna lampu Avanza yang kami sebutkan sebelumnya adalah referensi Anda.

Selain itu, ada lampu dalam bentuk lampu yang menerangi ketika ada masalah di beberapa kamar. Ternyata di dashboard juga ada banyak bagian lain seperti tachometer, speedometer dan odometer. Di sinilah ketiga bagian tersebut merupakan komponen penting kendaraan.

Namun seperti yang tertulis pada judul di atas, kali ini kita akan membahas odometer pada mobil. Apa itu odometer? Apa fungsi odometer di dalam mobil dan bagaimana cara kerja odometer? Untuk memahami ini, lihat diskusi lengkap di bawah ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pengguna mobil mungkin tidak tahu apa itu odometer. Jadi, singkatnya, odometer adalah alat yang digunakan sebagai indikator jarak yang ditempuh oleh kendaraan.

Odometer terletak di dasbor. Atau lebih tepatnya di dekat lingkaran informasi pada speedometer atau speedometer mobil dan pada speedometer atau speedometer mesin mobil.

Fungsi odometer otomatis

Jika ditanya apa fungsi odometer pada mobil? Sebenarnya, fungsinya tidak luar biasa, tetapi fungsi utama odometer di dalam mobil itu sendiri sebagai kendaraan atau instrumen akan memberi kita gambaran tentang jarak yang ditempuh oleh mobil.

Jadi ketika Anda ingin membeli mobil bekas, Anda dapat referensi itu. Juga, diberikan penjelasan tentang apa odometer di atas. Dalam penggunaannya, odometer umumnya juga digunakan sebagai indikasi masa manfaat atau penggantian oli berkala.

Odometer digunakan sebagai satuan kilometer (km). Oleh karena itu, ketika ada mobil di papan odometer, angka 30579 ditampilkan. Oleh karena itu mobil dapat diartikan sebagai mencakup 30,579 km.

Operasikan odometer di mobil

Jika kita berbicara tentang odometer, di dunia otomotif, ada dua mekanisme atau dua metode operasi yang digunakan odometer di mobil, yaitu cara mekanik, analog, dan elektronik. Adapun apa artinya ini, kami jelaskan di sini secara rinci.

1. Odometer mekanik (analog)

Operasi odometer pada mobil pertama adalah odometer mekanis atau normal. Di sinilah odometer bekerja pada sistem yang akan beroperasi karena gaya putar yang diterima oleh kabel fleksibel yang terhubung ke bagian lain.

Motor itu sendiri memiliki karakter reversibel, yaitu, ketika kendaraan bergerak maju atau mundur, itu mengikuti odometer. Jadi ketika mobil kembali, odometer dihitung ketika itu terjadi karena roda gigi dan gigi.

2. Odometer elektronik

Meskipun ada juga odometer elektronik, di sinilah jenis odometer ini bekerja dengan sistem yang terkomputerisasi. Dimana komputer menghitung tegangan yang terjadi sebagai referensi untuk menentukan dan menghitung jarak yang ditempuh oleh mobil.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kinerja sistem odometer elektronik, ia juga dilengkapi dengan magnet khusus yang diletakkan pada satu ban atau ban mobil. Didesain untuk memberikan sinyal untuk menghitung jarak yang ditempuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini pada odometer dan fungsi odometer dan bagaimana odometer bekerja di mobil.

Leave a Reply